Soal-soal mengenai ekonomi mikro

BY Unknown IN No comments



Nama  : Siti Hardiyanti
Kelas   : I A Manajemen
NIM    : 11120886

SOAL EKONOMI MIKRO
1.      Sebutkan bentuk-bentuk perusahaan yang ada di indonesia?
2.      Sebutkan kebaikan dan keburukan perusahaan terbatas?
3.      Berdasarkan jenisnya PT dibagi menjadi beberapa macam ?
4.      Teori produksi dibedakan menjadi dua pendekatan , sebut dan jelaskan?
5.      Faktor produksi yang tersedia dalam ekonomi dibedakan kedalam 4 jenis , sebut dan jelaskan!
6.      Apa yang di maksud dengan Skill , coba anda paparkan?
7.      Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi?
8.      Berdasarkan umur , Tenaga kerja dibedakan menjadi tiga macam , sebut dan jelaskan!
9.      Sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan , dibedakan menjadi 3 golongan. Sebut dan jelaskan!
10.  Jelaskan tentang ekonomi mikro dikaitkan dengan tempat kerja anda masing-masing!

JAWAB

  1. A. perusahaan perseorangan : adalah perusahaan yang dimiliki, dikelola, dan dipimpin oleh seseorang yang bertanggung jawab penuh terhadap semua resiko dan aktivitas perusahaan. tidak ada pemisahaan modal antara kekayaan pribadi dan kekayaan perusahaan.
B. Firma : merupakan persekutuan antara dua orang atau lebih dengan bersama untuk melaksanakan usaha , umumnya di bentuk oleh orang-orang yang memiliki keahlian sama atau seprofesi dengan tanggung jawab masing-masing anggota tidak terbatas, laba ataupun kerugian akan ditanggung bersama.
C. Perseroan Komanditer (CV) : adalah bentuk perusahaan kedua setelah PT yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis untuk menjalankan kegiatan usahanya di indonesia. CV merupakan bentuk perjanjian kerjasama berusaha bersama antara dua orang atau dengan akta otentik sebagai akta pendirian yang di buat dihadapan notaris yang berwenang.
D. Perseroan Terbatas (PT) : adalah bentuk perusahaan yang paling populer dalam bisnis dan paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di Indonesia dalam menjalankan kegiatan usaha di berbagai bidang. PT adalah perusahaan yang dilakukan oleh minimal dua orang atau lebih yang dibangun dengan modal dasar minimum sebesar 50 juta dan memiliki landasan hukum yang jelas sehingga lebih menjaga keamanan para pemegang saham/pemilik modal dalam berusaha.
2.      Kebaikan :
·         pemegang saham bertanggung jawab terbatas terhadap hutang-hutang perusahaan.
·         mudah mendapatkan tambahan dana/modal misalnya dengan mengeluarkan saham baru.
·         Kelangsungan hidup perusahaan lebih terjamin.
·         Terdapat efisiensi pengelolan sumber dana dan efisiensi pimpinan, karena pimpinan dapat diganti sewaktu-waktu melalui rapat umum pemegang saham.
·         Kepengurusan perseroan memiliki tanggung jawab yang jelas kepada pemilik atau pemegang saham.
·         Diatur dengan jelas oleh undang-undang perseroan terbatas serta peraturan lain yang mengikat dan melindungi kegiatan perusahaan.
Keburukan :
·         Merupakan subjek pajak tersendiri dan deviden yang diterima pemegang saham akan dikenakan pajak.
·         Kurang terjamin rahasia perusahaan, karena semua kegiatan harus dilaporkan kepada pemegang saham.
·         Proses pendiriannya membtuhukan waktu lebih lama dan biaya yang lebih besar dari CV.
·         Proses pembubaran , perubahan anggaran dasar , pengabungan dan pengambilalihan perseroan membutuhkan waktu dan biaya serta persetujuan dari rapat umum pemegang saham (RUPS).

3.      Berdasarkan jenisnya Perseroan Terbatas (PT) dibagi atas :
·         PT- Non Fasilitas Umum atau PT.Biasa
·         PT- Fasilitas PMA
·         PT- Fasilitas PMDN
·         PT- Persero BUMN
·         PT- Perbankan
·         PT- Lembaga Keuangan Non Perbankan
·         PT- Usaha Khusus

4.      - Teori Produksi dengan satu faktor Berubah
Adalah teori produksi ini menggambarkan tentang hubungan antara tingkat produksi suatu barang dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk menghasilkan berbagai tingkat produksi barang tersebut. Dengan demikian dalam analisis faktor-faktor lainnya dianggap tetap.
-Teori Produksi dengan dua faktor berubah
Adalah teori produksi ini menggambarkan tentang hubungan antara tingkat produksi suatu barang dengan dua jenis faktor produksi (tenaga kerja dan modal) dapat diubah yang digunakan untuk menghasilkan berbagai tingkat produksi yang tersebut.

5.       Faktor-faktor produksi meliputi :

·         Tanah dan Sumber alam yang meliputi tanah dan keadaan iklim, kekayaan hutan , kekayaan dibawah tanah (pertambangan) , kekayaan air , sebagai sumber tenaga penggerak, untuk pengangkutan, sebagai sumber bahan makanan (perikanan) , sebagai sumber pengairan.
·         Tenaga kerja adalah semua yang bersedia dan sanggup bekerja.
·         Modal adalah faktor produksi berupa benda yang diciptakan manusia akan digunakan untuk memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan. Contoh : bangunan , pabrik-pabrik, mesin-mesin, peralatan pabrik , dan alat-alat angkutan).
·         Keahlian keusahawaan (Pengelolaan) adalah kemampuan usaha untuk mendirikan dan mengembangkan keterampilan berupa benda yang diciiptakan manusia dan digunakan untuk memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan. Keahlian kewirausahaan meliputi kemahirannya mengkoordinasi berbagai sumber atau faktor produksi tersebut secara efektif dan efisien, sehingga usaha yang dikelolanya berhasil da berkembang serta dapat menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan masyarakat.

6.      Ada tiga pengertian skill yaitu :
·         Managerial Skills atau Entrepreneurial Skills adalah kemampuan untuk mempergunakan kesempatan-kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.
·         Techonolgical Skills adalah skill yang berhubungan dengan keahlian yang khusus bersifat ekonomis tekhnis yang diperlukan untuk kegiatan ekonomi dan produksi.
·         Organizational skills adalah kecerdasan untuk mengatur berbagai usaha. Hal ini berkaitan dengan hal-hal didalam lingkungan sebuah perusahaan (hal-hal intern dari perusahaan) maupun dengan kegiatan-kegiatan didalam rangka masyarakat seperti usaha menyusun koperasi,bank-bank dsb.

7.      Fungsi produksi adalah suatu hubungan matematis yang menggambarkan suatu cara dimana jumlah dari hasil produksi tertentu tergantung dari jumlah input tertentu yang digunakan.suatu fungsi produksi memberikan keterangan mengenai jumlah output yang mungkin diharapkan apabila input-input dikombinasikan dalam suatu cara yang khusus.

8.      Berdasarkan umur , tenaga kerja di bagi tiga , yaitu :
·         Penduduk dibawah usia kerja : dibawah 15 tahun
·         Golongan antara 15-64 tahun
·         Golongan yang sebenarnya sudah melebihi umur kerja , yaitu diatas usia 65 tahun.

9.      Sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan dibedakan menjadi tiga golongan yaitu :
·         Tenaga kerja kasar : adalah tenaga yang tidak berpendidikan atau berpendidikan rendah dan tidak memiliki keahlian dalam suatu bidang pekerjaaan. Contoh : tukang sapu jalan , kuli bangunan dll).
·         Tenaga kerja terampil : adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian dari pelatihan atau pengalaman kerja. Contoh : montir mobil, tukang kayu, reparasi elektronik dll).
·         Tenaga kerja terdidik : adalah tenaga kerja yang memiliki pendidikan cukup tinggi dan ahli dalam bidang tertentu. Contoh : dokter, akuntan, insinyur dll).

10.  Saya bekerja di salah satu perusahaan Multi Level Marketing yang bergerak dalam bidang Fashion.Bagi kami member merupakan ujung tombak dari berkembangnya perusahaan ini , mangsa pasar utama kami adalah kaum hawa , karena kami juga lebih banyak menyediakan produk fashion untuk wanita , seperti : pakaian,tas,sandal.sepatu,dompet,accessories,serta kosmetik.Dalam segi pelayanan , kami berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memuaskan konsumen/member , kendalanya distribusi barang dari kantor pusat kepada BC(Business Center)  ketika catalog sudah berjalan dua minggu ,biasanya distribusi barang dari kantor pusat ke pada BC(Business Center) sudah mulai berkurang karena ketersediaan barang di pusat tidak mencukupi kuota dari orderan kami ,sehingga beberapa member ,khususnya member baru merasa kecewa ,untuk itu antisipasi dari kami , kami selalu memberitahukan member bahwa itu biasa terjadi , dikarenakan banyaknya peminat pada produk kami , maka dari itu untuk mengantisipasi agar mendapat barang yang lengkap diusahakan begitu catalog terbaru terbit segera mencari orderan barang , kemudian secepat mungkin order ke tempat BC(Business Center)   kami  sehingga member mendapatkan barang lengkap untuk di awal katalaog , selain itu dari segi kualitas barang produk kami  juga masih fluktuatif , terkadang sangat baik , tapi ada beberapa barang yang reject , untuk itu kami menyediakan fasilitas garansi untuk setiap produk yang reject , sehingga konsumen /member  tetap bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang baik. Dari segi harga produk kami mempunyai harga relative dan bisa di jangkau , baik dari menengah kebawah maupun menengah keatas. Di BC(Business Center)   kami sendiri mempunyai program untuk menerima order barang dan memberitahukan barang melalui telepon atau sms ,  jadi member bisa melakukan order barang melalui telepon atau sms , dengan mencantumkan reffrensi/kode barang yang akan di pesan , biasanya barang akan datang satu-dua hari dari masa pemesanan , setelah barang datang kami memberitahukan kepada member bahwa barang sudah bisa di ambil di BC (Business Center). Keramahan dan Senyuman pada konsumen merupakan factor utama agar konsumen nyaman dan senang bisa berbelanja di tempat kami, maka dari itu kami selalu berusaha untuk bersikap ramah dan baik pada konsumen/member. Karena perusahaan kami bergerak dalam bidang Multi Level  Marketing ,bagi member selain mendapat discount 30% ,juga member mendapatkan keuntungan lain berupa bonus belanja dan bonus jaringan  jika member  aktif dan mempunyai downline. Untuk itu setiap hari senin di awal minggu kami selalu mengadakan rendezvous/pertemuan untuk mensosialisasikan pada member tentang system bonus jaringan dari perusahaan kami , bagaimana cara mendapatkan keuntungan lebih selain dari keuntungan langsung 30%  . member juga dapat mengecek total pembelanjaan dan info-info lain dari kantor pusat melalui situs resmi kami melalui media internet , sehingga member bisa mengetahui akumulasi pembelanjaan , bonus ,ketersediaan barang ,ralat catalog ,event ,dan lain-lain.Itulah sekelumit kegiatan ekonomi mikro yang terjadi dalam perusahaan tempat saya bekerja sekarang.

0 komentar :

Posting Komentar

komentar yang sopan ya . .