KONSEP DASAR BASIS DATA

BY Unknown IN No comments


Latar Belakang 
*Pemrosesan basis data menjadi perangkat andalan dan kehadirannya sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan 
*Dalam pengembangan sistem informasi diperlukan basis data sebagai media penyimpan data 
*Kehadiran basis data dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan tersebut, membantu pengambil keputusan untuk segera memutuskan suatu masalah berdasarkan informasi yang ada 

Pengertian Basis data 
*Basis data adalah kumpulan data yang saling berelasi. 
*Himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang yang disimpan secara bersama tanpa pengulangan (redundancy) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga kelak dapat dimanfaatkan dengan cepat dan mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 
*Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpan elektronis 


Tujuan Basis data 
*mengatur data sehingga diperoleh kemudahan, ketepatan dan kecepatan dalam pengambilan dan penyimpanan. 
*Tidak adanya redundansi(Kerangkapan) dan menjaga konsistensi data. 
*Pengaturan dalam pemilahan data sesuai dengan fungsi dan jenisnya. 

Manfaat Basis data 
1)Kecepatan dan Kemudahan (Speed) 
2)Kebersamaan Pemakaian (Sharability) 
3)Pemusatan Kontrol Data 
4)Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space) 
5)Keakuratan (Accuracy) 
6)Ketersediaan (Availability) 
7)Kelengkapan (Completeness) 
8)Keamanan (Security) 
9)Kemudahan dalam Pembuatan Program Aplikasi Baru 
10)User View 

Kecepatan dan Kemudahan (Speed) 
Memungkinkan kita untuk dapat menyimpan dan melakukan perubahan/manipulasi terhadap data atau menampilkan kembali data tersebut dengan lebih cepat dan mudah. 

Kebersamaan Pemakaian (Sharability) 
Pemakai basisdata tidak terbatas, pengisian data dapat dilakukan oleh beberapa orang dalam satu lokasi. 

Pemusatan Kontrol Data 
Data yang ada menjadi terpusat pada satu tempat penyimpanan. Sehingga kita dapat mengaksesnya kapan saja. 

Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space) 
Tidak adanya redundansi data sehingga efisiensi/optimalisasi penggunaan ruang penyimpanan dapat dilakukan. Penekanan jumlah redundasi data, dilakukan dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau membuat relasi antar kelompok data yang saling berhubungan. 

Keakuratan (Accuracy) 
Pemanfaatan pengkodean dengan batasan tertentu, yang membuat satu data menjadi unik dan berbeda dengan yang lain, sehingga ketika menyimpan data tidak akan ada data yang sama dalam penyimpanan. 

Ketersediaan (Availability) 
karena kepentingan pemakaian data, sebuah basis data dapat memiliki data yang disebar di banyak lokasi. Dengan pemanfaatan teknologi jaringan computer, data nasabah yang berada di suatu cabang sebuah bank dapat diakses (menjadi tersedia/availibility) di cabang lainnya. 

Keamanan (Security) 
Adanya password setiap pemakai basis data. Kita juga dapat menentukan siapa saja yang boleh mengakses data penting atau data biasa 

Kemudahan dalam Pembuatan Program Aplikasi Baru 
Data yang disimpan dalam di eksport ke program aplikasi lain dengan menjamin terjaga/terpeliharanya data. 

User View 
Pemakai dapat melihat langsung bentuk tampilan penginputan data, sehingga memudahkan pemakai dlm mengelola data. 

Penerapan Basis data 
*Kepegawaian 
*Pergudangan (inventory) 
*Akuntansi 
*Reservasi 
*Perbankan 
*Asuransi 
*Rumah Sakit 
*Produsen Barang 
*Industri Manufaktur 
*Pendidikan/Sekolah 
*Telekomunikasi 

Informasi Penjualan Retail 
*pencarian jumlah penjualan 
*mencari jumlah stok yang tersedia 
*barang apa yang paling laku dijual pada bulan ini 
*laba bersih perusahaan 

Informasi Untuk Perpustakaan 
*pencarian data buku berdasarkan judul, pengarang atau kriteria lain dapat mudah dilakukan dengan basis data 
*Pencarian data peminjam yang terlambat mengembalikan juga mudah dilakukan sehingga bisa dibuat aplikasi *pembuatan surat tagihan berdasarkan informasi yang tersedia 

Informasi Retail Perbankan 
Dengan memanfaatkan teknologi jaringan, kemampuan basis data dapat dioptimalkan misalnya transaksi antar cabang pada sebuah perbankan secara online. 

Operasi Dasar Basis data 
1.Pembuatan basis data (create database) 
2.Penghapusan basis data (drop database) 
3.Pembuatan file/tabel (create table) 
4.Penghapusan file/tabel (drop table) 
5.Pengubahan tabel (Update …) 
6.Penambahan/pengisian (Insert …) 
7.Pengambilan data (Retrieve/search) 
8.Penghapusan data (delete)

**Referensi data diperoleh dari Ahmad Munawir,S.Kom

Lembar surat ke empat Michiyo

BY Unknown IN No comments


Teruntuk Hamano Taiki 


Tay.. Kali ini kutuangkan tinta perasaan untuk menuliskan lembaran suratku untukmu. 
Ini kali ke empat sudah kita bertemu dengan bulan yang penuh berkah tapi dengan keadaan yang tak jauh berbeda dari sebelumnya. 

Tay.. Sore ini langit mendung kembali hadir mengisi ruang, membawakan hujan yang selalu aku rindukan. Hujan memelukku dalam basuhan air langit vertikal, bersama hembusan angin yang menusuk ke sela-sela persendianku. Percakapan terakhir kita meninggalkan sejuta rasa yang tak terperi, hal yang kerap kali menjadi persinggungan tiada usai. Kesedihan itu pecah tak bisa terbendung lagi Tay.. Ketegaranku mulai terusik, aku sedih karena begitu merindukanmu. Aku kesal karena ketidakberdayaanku menyikapi ini.
Dengar Tay.. Aku mencoba terus optimis dalam hal apapun, tapi kali ini aku sungguh merindukan kehadiranmu.. Hujan yang menjadi anastesi luka ku selama ini, membawa senandung-senandung siang dan malamku.. 

Tay.. Aku tak meragukan sedikitpun rasamu terhadapku, tetapi terkadang sepi itu muncul tanpa bisa dilarang. Aku ingin melampaui batas-batas kebahagiaan itu bersamamu, merajut asa yang ada dalam dada, merenda kisah penuh suka cita. Bersama dalam naungan kasih sayang, melangkah menuju masa yang dinantikan. 

Untukmu ,, kekasih hatiku 
rindu ini membumbung tinggi Tay.. Dan semoga Tuhan menyegerakan kebersamaan kita. 


Dari kepingan hatimu yang terpisah 
**Ishikawa Michiyo**

Essai B.Indonesia

BY Unknown IN No comments

SOPHIE PARIS  : BISNIS BERBASIS MLM  DENGAN TAMPILAN MODIS

Siti Hardiyanti
11120886

ABSTRAK
Sophie Paris merupakan salah satu perusahaan Multi Level Marketing No.1 di Indonesia yang bergerak dalam bidang fashion. Berbagai macam produk menarik ditawarkan disini, tidak hanya untuk wanita tetapi juga beberapa produk disediakan untuk pria dan anak-anak. Jutaan orang telah merasakan perubahan peningkatan taraf hidup yang lebih baik dengan menjalankan bisnis Sophie Paris.
Kebutuhan akan fashion yang semakin meninggi dikalangan masyarakat Indonesia membuat bisnis Multi Level Marketing ini mulai dilirik dan diminati oleh orang-orang, terutama kaum hawa. Wanita sangat menyukai keindahan, dan ingin selalu tampil modis dengan fashion yang menjadi trend masa kini. Produk-produk  yang dikeluarkan oleh Sophie Paris juga bervariatif, baik dari segi model ataupun harga. Setiap kalangan dapat menggunakan produk dari Sophie.
Multi Level Marketing yang berpusat di Jakarta ini, telah memiliki banyak BC (Buisnees Center), Proxy, serta Store resmi di setiap kota yang ada di Indonesia. Itu semua disediakan agar mempermudah member dalam mendapatkan produk dari Sophie serta bisa menjalankan bisnis Sophie secara maksimal.
Berbisnis di Sophie dapat memperbaiki citra diri dengan penampilan yang fashionable. Sophie Paris membuka peluang bisnis bagi siapa saja dan berhasil mewujudkan mimpi jutaan orang.Siapa saja bisa sukses di Sophie,tanpa harus mengeluarkan modal besar, melainkan kerja pintar dan cinta terhadap bisnisnya. Sophie Paris menekankan kerjasama dan sinergi untuk menjadi yang terbaik, sesuai dengan visinya “Together We‘ll be No 1 In The World!

Kata Kunci: Sophie Paris, Multi Level Marketing,  Fashion.

A.    PENDAHULUAN
Di zaman modern ini banyak peluang bisnis bermunculan, seiring perkembangan zaman, pola fikir seitap orang berkembang, mereka tidak melulu berfikir bagaimana cara mendapatkan kerja di perusahaan yang besar, tetapi orang-orang sudah mulai tertarik untuk membangun bisnis secara mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri.
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Sementara menurut beberapa ahli bisnis didefinisikan, Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya. (Griffin dan ebert: 1996). Dan menurut Allan Afuah  definisinya “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.(Allan Afuah: 2004).
Ada berbagai macam jenis bisnis yang berkembang saat ini , salah satu diantaranya adalah bisnis Multi Level Marketing yang banyak diminati oleh orang-orang. Secara umum Multi Level Marketing adalah suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan), yang biasa dikenal dengan istilah Upline (tingkat atas) dan Downline (tingkat bawah), orang akan disebut Upline jika mempunyai Downline. Inti dari bisnis MLM ini digerakkan dengan jaringan ini, baik yang bersifat vertikal atas bawah maupun horizontal kiri kanan ataupun gabungan antara keduanya. (Lihat All About MLM oleh Benny Santoso hal: 28, Hukum Syara MLM oleh hafidl Abdur Rohman, MA). Sementara menurut David Roller (1995) definisi atau pengertian Multi Level Marketing (MLM) adalah sistem melalui mmana sebuah induk perusahaan  mendistribusikan barang atau jasanya. Lewat suatu jaringan orang - orang bisnis yang independen tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi  di seluruh dunia. Orang-orang bisnis atau para wiraswatawan ini  kemudian mensponsori orang-orang lain lagi, untuk membantu  mendistribusikan barang dan jasanya, proses orang membantu  orang ini bisa diteruskan lagi lewat satu atau beberapa tingkat  pemasukan. Banyak terdapat jenis Multi Level Marketing yang menjamur di Indonesia, ada yang menawarkan produk berupa suplemen, kebutuhan rumahtangga dan juga fashion. Setiap orang ingin tampil modis dan fashionable, terutama bagi kaum hawa. Wanita sangat menyukai keindahan, kebutuhan akan fashion menjadi trend masa kini dan keharusan bagi mereka. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan laba yang baik. Berbagai macam produk fashion mulai dari garment, tas, sandal, sepatu, serta accessories ditawarkan para produsen.
Semua produsen berlomba-lomba untuk membuat produk yang menarik minat konsumen. Sophie Paris merupakan salah satu perusahaan Multi Level Marketing No.1 di Indonesia yang bergerak dalam bidang fashion. Berbagai macam produk menarik ditawarkan disini, tidak hanya untuk wanita tetapi juga beberapa produk disediakan untuk pria dan anak-anak. Jutaan orang telah merasakan perubahan peningkatan taraf hidup yang lebih baik dengan menjalankan bisnis Sophie Paris. Berbisnis di Sophie dapat memperbaiki citra diri dengan penampilan yang fashionable.
Sophie Paris membuka peluang bisnis bagi siapa saja dan berhasil mewujudkan mimpi jutaan orang. Siapa saja bisa sukses di Sophie, tanpa harus mengeluarkan modal besar, melainkan kerja pintar dan cinta terhadap bisnisnya. Sophie Paris menekankan kerjasama dan sinergi untuk menjadi yang terbaik, sesuai dengan visinya “Together We‘ll be No 1 In The World!
B.     PEMBAHASAN
Sophie Paris adalah salah satu perusahaan Multi Level Marketing yang bergerak dalam bidang fashion. Ada berbagai macam produk fashion yang dihadirkan, baik untuk wanita, pria, maupun anak-anak. Produk yang ditawarkanpun mempunyai harga yang bervariatif dan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Produk di Sophie Paris juga memiliki fasilitas garansi, sehingga jika ada kerusakaan atau cacat pada produknya maka Sophie Paris bertanggung jawab penuh untuk menggantinya dengan barang yang bagus.

Fashionable bersama busana muslim di Sophie Paris rancangan Ria Miranda
Sumber gambar :
https://www.facebook.com/photo.php (diakses pada 24 Juni 2013)


Tampil simple tetapi tetap menarik dengan paduan corak bersama Sophie Paris di edisi katalog Special Lebaran
Sumber gambar :
https://www.facebook.com/photo.php (diakses pada 24 Juni 2013)


Bagaimana cara bergabung di Sophie Paris? Kita dapat langsung mengunjungi BC (Buisnees Center), Proxy, atau Store resmi Sophie Paris terdekat dikota kita. Dengan biaya pendaftaran Rp50.000,- dan melengkapi syarat  berupa minimal sudah 17 tahun, melengkapi fotocopy KTP dan buku tabungan serta mengisi formulir aplikasi pendaftaran, kita sudah langsung menjadi member Sophie Paris. Terdapat beberapa program hadiah menarik untuk setiap anggota yang menjadi member baru sesuai dengan program katalog yang sedang berjalan. Tidak hanya berbelanja saja, tetapi disini kita dapat menjalankan bisnis secara mandiri.
Dengan bergabung menjadi member di Sophie Paris akan mendapatkan diskon 30%, selain itu di Sophie Paris yang notabenenya merupakan perusahaan Multi Level Marketing kita akan mendapatkan keuntungan lebih melalui jaringan yang kita miliki. Ada beberapa peringkat didalam system Multi Level Marketing di Sophie Paris. Mulai dari peringkat pemula yaitu Persiden, Franchise, Silver Franchise, Gold Franchise, Diamond Franchise, Executif Franchise. Setiap peringkat memiliki keuntungan dan kewajibannya masing-masing. Semakin tinggi peringkatnya maka semakin besar bonus yang didapatkan serta semakin besar pula syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bonus tersebut. Memasarkan produk tersebut juga tidaklah sulit, karena produk yang ditawarkan merupakan kebutuhan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta selalu mengikuti trend fashion terkini, dengan membeli catalog yang terbit setiap tujuh minggu sekali kita dapat dengan cepat memasarkannya, berawal dari menawarkan kepada teman dan kerabat, serta bisa juga mempromosikannya melalui media online, seperti: blog, facebook, dan twitter.
Ada berbagai keuntungan jika kita menjadi member dan menjalankan bisnis MLM didalamnya. Berikut beberapa keuntungan menjadi member sophie paris:
1.      Diskon 30%
2.      Bonus Belanja Sendiri (BBS)
3.      Bonus Bulan Madu (BBM)
4.      Bonus Royalti
5.      Bonus Super Sophie (BSS)
*Harga Bonus (HB) Yaitu semua perhitungan harga bonus dihitung sebesar 60% dari Harga Katalog (HK)

1.      Diskon 30%
Dengan menunjukan kartu member ketika berbelanja di semua BC (Buisnees Center ), Proxy, Store resmi Sophie Paris maka secara otomatis kita akan mendapatkan diskon langsung sebesar 30% dari Harga Katalog. Diskon ini berlaku sama bagi semua produk yang terdapat di katalog Sophie Paris dan berlaku bagi semua member di seluruh Indonesia. Dengan berbelanja langsung ke BC, Proxy, atau Store  di kota terdekat, kita dapat mengetahui info-info terbaru seputar produk Sophie. Sebagai contoh:
=Rp1.000.000,- (HK) x 30%
=Rp300.000,-
Rp300.000,- adalah keuntungan langsung yang kita dapat dari diskon 30% tersebut.

2.      Bonus Belanja Sendiri (BBS)
Semakin banyak kita berbelanja, maka semakin banyak BBS yang akan kita terima. Bonus ini didapat dari hasil akumulasi pembelanjaan pribadi setiap bulannya, perhitungan tersebut mempunyai rumus sebagai berikut:
·         Total akumulasi belanja setiap bulan mulai dari Rp200.000,- s/d Rp2.999.999 Harga Katalog (HK) maka seluruh total akumulasi pembelanjaan akan dikalikan 3%. Sebagai contoh:
= 3% x (Rp1.000.000,- HK x 60%)
= 3% x Rp600.000,-HK
=Rp18.000,-
Jadi jumlah bonus yang dapat kita terima dari total point pembelanjaan Rp.1.000.000,- adalah sebesar Rp.18.000,-
·         Sementara akumulasi pembelanjaan dari Rp3.000.000,- keatas akan dikalikan 5%. Sebagai contoh:
= 5% x (Rp3.000.000,- HK x 60%)
= 5% x Rp1.800.000,-HK
= Rp.90.000,-
Jadi jumlah bonus yang dapat kita terima dari total point pembelanjaan  Rp3.000.000,- adalah sebesar Rp90.000,-
3.      Bonus Bulan Madu (BBM)
Bonus ini didapat jika kita dapat mengajak atau merekrut orang lain untuk bergabung menjadi member Sophie Paris. Bonus Bulan Madu yang akan diterima adalah Rp25.000,-, dengan syarat member baru yang direkrut berbelanja minimal Rp500.000,- HK dalam satu bulan. Mengapa disebut sebagai Bonus Bulan Madu? Karena bonus ini diterima hanya satu kali saja, yaitu saat bulan pertama member baru yang direkrut memenuhi syarat belanja untuk selanjutnya, pembelanjaannya downline akan dihitung berdasarkan peringkat dan keaktifan jumlah pembelanjaannya.

4.      Bonus Pendekatan (PDKT)
Di Sophie Paris kita dapat berkarir lebih tinggi dan akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar lagi dengan syarat yang mudah. Apabila kita dapat membina dan bekerjasama, serta terus memberikan motivasi pada downline-downline langsung dibawah kita khususnya yang masih presiden, sehingga mereka aktif melakukan pembelanjaan. Jika peringkat kita minimal sudah Franchise maka downline kita yang masih presiden dapat berperan penting membantu kita dalam menutup NBF (Networking Before Franchise). Dimana NBF merupakan kewajiban bagi member minimal Franchise yang juga sudah mempunyai downline berperingkat sama. Sebagai contoh mendapatkan bonus PDKT sebagai berikut:
Apabila kita memiliki 4 orang downline langsung yang berperingkat Presiden dan masing-masing berbelanja Rp 1.000.000,- maka kita akan mendapatkan Bonus PDKT sebesar 5% dari Harga Bonus. (Belanja Rp.200.000 - 2.999.999 (HK) --> 3% dari HB, belanja diatas 3 juta --> 5% dari HB) besarnya bonus PDKT adalah :
= 4 x Rp1.000.000,-HK
= Rp4.000.000,-HK
= 5% x (Rp4.000.000,-HK x 60%)
= 5% x Rp.2.400.000,-HK
= Rp120.000,-
Jadi total bonus PDKT yang didapat  dari empat downline yang aktif belanja dalam satu bulan adalah sebesar Rp120.000,-

5.      Bonus Royalti
Bonus ini berkaitan langsung dengan peringkat kita dalam Sophie Paris. Bonus ini akan didapat jika kita sudah mencapai minimal peringkat Franchise sampai dengan Eksekutif Franchise.
Bagaimana kita dapat meningkatkan peringkat kita dalam MLM ini sehingga kita dapat memaksimalkan bonus royalty yang kita dapatkan berikut beberapa tahapan peringkat di Sophie Paris:
·         Presiden merupakan level awal dari peringkat yang terdapat di Sophie Paris, peringkat ini hanya mendapatkan bonus hasil pembelanjaan sendiri dan downline dibawahnya juga yang masih presiden dengan syarat menutup TPS sebesar Rp200.000,- HK.
·         Franchise adalah kenaikan satu level dari presiden, dimulai dari level inilah member sudah dapat merasakan bonus royalti. Ada beberapa cara, agar member bisa mencapai peringkat Franchise ini, diantaranya:
1.      Dengan berbelanja sendiri, member dapat naik peringkat menjadi Franchise dengan berbelanja sendiri minimal Rp4.000.000,- HK dalam satu bulan, maka secara otomatis dibulan berikutnya member tersebut sudah naik peringkat menjadi Franchise.
2.      Sistem sundul atau dorong, yaitu dimana member tersebut naik peringkat akibat terdorong dari downline langsung dibawahnya. Jika member tersebut mempunyai downline langsung dibawahnya, kemudian downline tersebut belanja Rp.4.000.000,- HK dalam satu bulan, maka downline tersebut naik menjadi Franchise kemudian upline yang mensponsorinyapun ikut naik menjadi Franchise.
3.      Akumulasi pembelanjaan group dalam satu bulan mencapai Rp6.000.000,- HK, yaitu pembelanjaan member tersebut di akumulasi dengan pembelanjaan satu downlinenya selama satu bulan, jika mencapai Rp6.000.000,- HK maka member tersebut naik peringkat menjadi Franchise, tetapi hanya member tersebut saja, downline yang berada dibawahnya tetap berperingkat presiden.
4.      Akumulasi pembelanjaan group dalam tiga bulan mencapai Rp8.000.0000,- HK, yaitu dimana pembelanjaan member tersebut serta downlinenya mulai dari generasi ke satu, dua, dan tiga ikut membantu pembelanjaannya, pembelanjaan tersebut diakumulasikan dalam waktu tiga bulan. Jika mencapai Rp8.000.000,- HK, maka hanya member atau uplinenya tersebut saja yang naik peringkat menjadi Franchise.
Peringkat Franchise ini dapat menikmati bonus royalti jika member tersebut memenuhi syarat, yaitu menutup TPS (Total Pembelanjaan Sendiri) sebesar Rp200.000,- HK dan NBF (Networking Before Franchise) sebesar Rp750.000,- HK. NBF adalah total dari pembelanjaan pribadi ditambah pembelanjaan downline yang masih presiden. Dan bonus royalti sebesar 5%  ini hanya bisa didapat sampai generasi pertama saja.
·                Silver Franchise, untuk mencapai peringkat ini kita wajib mempunyai minimal tiga downline langsung yang sudah Franchise. Bonus royalti dapat dinikmati mulai dari generasi pertama 5% dan generasi kedua 4% dengan syarat menutup TPS sebesar Rp200.000,- HK dan NBF sebesar Rp1.000.000,- HK.
·                Gold Franchise, untuk mencapai peringkat ini kita harus mempunyai minimal Sembilan downline langsung yang sudah Franchise. Bonus royalti yang akan didapatkan adalah generasi pertama 5%, generasi kedua 4%, dan generasi ketiga 3% serta dengan syarat menutup TPS sebesar Rp200.000,- HK dan NBF sebesar Rp2.000.000,- HK.
·                Diamond Franchise, untuk mencapai peringkat ini kita harus memiliki minimal 25 downline langsung yang sudah naik ke level Franchise. Bonus royalti yang akan didapatkan yaitu generasi pertama 5%, generasi kedua 4%, generasi ketiga 3%, generasi keempat 2% dengan syarat menutup TPS sebesar Rp200.000,- HK dan NBF sebesar Rp3.000.000,- HK.
·                Eksekutif Franchise, ini merupakan peringkat tertinggi dalam sistem di Sophie Paris. Untuk mencapai peringkat tersebut kita harus memiliki minimal 50 downline langsung yang sudah mencapai peringkat Franchise. Bonus royaltinya pun dapat dinikmati dari generasi pertama 5%, generasi kedua 4%, generasi ketiga 3%, generasi keempa 2%, hingga ke generasi kelima yang mempunyai presentasi 1% dengan tidak lupa memenuhi syarat menutup TPS sebesar Rp200.000,- HK dan NBF sebesar Rp6.000.000,- HK.
Peringkat
Franchise
Silver Franchise
Gold Franchise
Diamond Franchise
Eksekutif Franchise
Syarat

3 Franchise
9 Franchise
25 Franchise
50 Franchise
NBF
750.000
1.000.000
2.000.000
3.000.000
6.000.000
Royalti G-1
5%
5%
5%
5%
5%
Royalti G-2
-
4%
4%
4%
4%
Royalti G-3
-
-
3%
3%
3%
Royalti G-4
-
-
-
2%
2%
Royalti G-5
-
-
-
-
1%

Dengan begitu, semakin tinggi peringkat bonus yang didapatpun akan semakin besar dan diimbangi oleh keharusan memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Yang perlu digarisbawahi adalah setiap peringkat jika ingin mendapatkan bonus dari downlinenya maka harus tutup TPS (Total Pembelanjaan Sendiri) sebesar Rp200.000,- HK.
5.      Bonus Super Sophie (BSS)
Dari beberapa bonus diatas, bonus ini merupakan bonus yang dirasa paling besar, jika kita mampu dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan sistem. Bonus ini adalah bonus pembinaan yang kita dapatkan bila berhasil membina member di Level pertama kita (harus tutup TPS minimal Rp 200.000,-. Keterangan: untuk Franchise level 1 berlaku Franchise lama maupun baru. Berikut peta gambaran untuk mendapatkan Bonus Super Sophie (BSS).



Kriteria
20%
40%
60%
80%
100%
Min. Rekrut Member Baru
2
4
6
8
10
TPS Rekrut Member Baru
500.000
500.000
500.000
500.000
500.000
Jumlah F Level 1
4F
8F
12F
16F
18f
Minimal TPS F Level 1
200.000
200.000
200.000
200.000
200.000
Omset HK L1,L2,L3
4 juta
6 juta
7 juta
8 juta
10juta

Selain berbagai bonus diatas juga dalam Multi Level Marketing ini sering diadakannya Rendevous atau pertemuan, untuk membahas sistem di Sophie Paris secara detail, agar member mengetahui apa saja manfaat serta keuntungan yang didapat dari Multi Level tersebut. Sophie Paris juga memberikan training-training bagi member yang berpotensi dan ingin mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi, seperti: Anda Pasti Bisa, Simple Selling, Service Excellent, MLM Leader, P.S. - Public Speaking, G.L.S. - Great Leadership Seminar, S.M.S. - Success Mindset Seminar, Beauty Class, Beauty Work Shop, CBT1 - Skin Care, M.U.A. - Make-Up Akademi, M.U.A. - Make-Up Akademi Professional. Training ini biasa diadakan dikantor pusat, atau melalui kunjungan orang pusat ke masing-masing BC diberbagai kota.
Di Sophie Paris juga kita dapat mengontrol semua kegiatan dan pembelanjaan kita, semua data bisa dicek secara online baik pembelanjaan sendiri, downline, info member, info stock barang yang tersedia, ralat katalog serta berbagai program yang ada di Sophie Paris, semua itu tersedia di situs resmi www.sophiemobile.com, dengan memasukan nomor ID member serta nomor rekening bank semua info yang dibutuhkan member akan didapatkan disana.
Untuk berbisnis dalam bidang fashion ini sebenarnya tidak sulit,  hanya saja kita harus pintar melihat peluang yang ada, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis Sophie Paris ini:
1.      Kenali dulu secara sederhana apa itu Sophie Paris. Paling tidak, kita tahu bahwa Sophie Paris merupakan bisnis MLM atau bisnis Jaringan.
2.      Cari dan dapatkan Upline yang menurut kita dapat membantu diri kita menjadi berkembang dalam menjalani bisnis ini. Akan lebih baik kalau upline adalah orang yang sudah kita kenal, sehingga sama-sama enak dalam berkomunikasi. Namun, bila kita sama sekali belum mengenal orangnya atau bertemu, kenali lebih dekat. Bisnis Sophie Paris disamping menguntungkan secara finansial, juga menguntungkan dalam segi sosial karena kita dapat berkenalan dengan teman-teman baru serta berkesempatan untuk mempunyai wawasan yang lebih luas. Bila upline belum terlihat bersemangat, ajak agar bersemangat.
3.      Dekat dengan BC Sophie Paris, khususnya BC tempat kita mendaftar. Karena BC adalah perpanjangan tangan dari Sophie Paris Pusat. Di BC ini kita dapat menanyakan hal-hal yang kurang jelas atau yang kurang kita pahami, ikuti training-training dan rendezvous yang diadakan di BC, atau bahkan arisan yang diadakan di BC. Selain dapat menggali ilmu dari BC dan member lain yang lebih paham, kita juga akan mendapat teman-teman baru.
4.      Pro Aktif! Ya, pro aktif adalah kunci utama. Jika kita malu-malu untuk bertanya dan dekat dengan BC atau upline kita, mungkin kita tidak akan mendapatkan manfaat lebih. Disamping itu, mencoba berinteraksi akan mengasah keterampilan public speaking dan bisa sebagai latihan agar kamu lebih berani berinteraksi khususnya terhadap pelanggan-pelanggan atau orang-orang baru.
Dalam berbisnis di Multi Level Marketing tidak terlepas dari istilah Upline dan Downline, oleh karena itu sebaiknya pemilihan Upline yang tepat juga akan sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut beberapa manfaat memiliki Upline:
1.      Tempat bertanya paling awal mengenai bisnis sophie dan masalah yang akan ditemui. Karena upline juga adalah pemandu kita dalam bisnis Sophie, maka bila ada pertanyaan, sampaikan dulu ke Upline. Disinilah kita membutuhkan upline yang kompeten dan mengerti mengenai bisnis Sophie.
2.      Sebagai sumber informasi dari BC. Biasanya, BC mengumumkan adanya training bukan hanya lewat SMS, namun juga melalui Upline dengan jalur sebar info jarkom. Disini, kita membutuhkan upline yang aktif, supaya kita juga bisa mengetahui info-info terbaru dari BC.
3.      Pemberi Motivasi. Bila kita memiliki upline aktif dan semangat, pastinya kita juga ikut semangat dalam menjalankan bisnis sophie.
4.      Bisa saling membantu. Misal dalam mengejar target, memotivasi dan menyelesaikan kendala-kendala yang ditemui. Bisa juga saling support untuk mengejar Reward-reward sophie paris.



C.    SIMPULAN  DAN SARAN
Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa Sophie Paris adalah salah satu perusahaan Multi Level Marketing di Indonesia yang bergerak dalam bidang fashion. Selain dapat berpenampilan fashionable karena selalu mengikuti trend mode terkini, peluang bisnis di Sophie Paris dapat menghasilkan laba bagi member yang fokus terhadap bisnis tersebut.
Ada sistem atau kiat-kiat bagi member yang menjalankan bisnis MLM ini, sistem yang ada di Sophie ini akan membantu member untuk mendapatkan laba yang besar, tentu saja dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ada. Bersama Sophie Paris kita dapat mengembangkan diri melalui training-training, baik itu training motivasi atau training pengembangan diri yang akan membantu kita dalam menjalankan bisnis MLM di Sophie Paris ini.
Berbagai fasilitas juga disediakan untuk member, seperti Rendevous yang diadakan BC setiap minggu untuk menjelaskan sistem serta sebagai tempat interaksi antara member, layanan garansi bagi barang yang rusak, layanan tukar ukuran, Customer Service Online yang dapat membantu menjawab masalah dan keluhan member, situs resmi untuk pengecekan data member. Yang tidak kalah pentingnya adalah peran aktif seorang upline untuk selalu mensupport downlinenya serta memberitahukan info terkini tentang Sophie Paris.
Dengan semua hal itu, Sophie Paris juga masih memiliki beberapa kekurangan, jadi hendaknya Sophie juga terus meningkatkan kualitas dari produk yang dikeluarkan sehingga dapat meminimalisir kecacatan barang, dan pendistribusian barang ke BC bisa stabil sehingga tidak mengecewakan konsumen dan member, serta lebih banyak inovasi-inovasi baru di setiap katalog terbit.

DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia. 2013. Bisnis. [Online]. Tersedia di: http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis. [ diakses 23 Juni 2013, jam 23:05].
Wikipedia. 2013. Pemasaran berjenjang. [Online]. Tersedia di: http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_berjenjang. [ diakses 23 Juni 2013, jam 23:06].
Indonesia. 2013. Multi Level Marketing. [Online]. Tersedia di: http://indonesiaindonesia.com/f/7043-multi-level-marketing-mlm/. [ diakses 23 Juni 2013, jam 23:06].
Lepank. 2012. Pengertian Multi Level Marketing 25. [Onine]. Tersedia di: http://www.lepank.com/2012/08/pengertian-multi-level-marketing_25.html.
[ diakses 23 Juni 2013, jam 23:07].
Sophiemobile. 2013. Info. [Online]. Tersedia di: http://sophiemobile.com/info. [ diakses 23 Juni 2013, jam 23:12].
Sophiemobile. 2013. Trainings. [Online]. Tersedia di: http://sophiemobile.com/trainings. [ diakses 23 Juni 2013, 23:15].
Avryana. 2011. Apa itu Sophie Paris. [Online]. Tersedia di: http://avryana.blogspot.com/2011/06/apa-itu-sophie-paris.html. [ diakses 23 Juni 2013, jam 23:17].
Sophieparisbella. 2013. Pentingnya Memiliki Upline. [Online]. Tersedia di: http://sophieparisbella.blogspot.com/2013/01/pentingnya-memiliki-upline.html. [ diakses 23 Juni 2013, jam 23:17].
Facebook. 2013. Photo. [Online]. Tersedia di: https://www.facebook.com/photo.php. [diakses pada 24 Juni 2013, jam 22:10].
Facebook. 2013. Photo. [Online]. Tersedia di: https://www.facebook.com/photo.php. [diakses pada 24 Juni 2013, jam 22:11].